-->

Laman

Desa Wisata


DESA WISATA

Salah satu strategi pengembangan pariwisata yang ditempuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat untuk menunjang kemajuan sektor Pariwisata dan meningkatkan sumber pendapatan penduduk lokal yang hidup desa-desa di kepulauan Raja Ampat adalah dengan memberdayakan beberapa lokasi tempat tinggal (desa) penduduk asli kepulauan Raja Ampat menjadi sebuah desa wisata. Dalam pelaksanaanya pengembangan desa wisata ini adalah dengan menitik beratkan pengembangan potensi budaya lokal yang dan potensi wisata alam yang ada di sekitar lokasi desa tersebut. Selain berusaha mengangkat potensi wisata di setiap desa, pemerintah daerah juga bekerja sama dengan desa-desa setempatt dalam menyediakan rumah-rumah penginapan yang disewakan (homestay) bagi para wisatawan yang berkunjung.

Foto: Keramahan penduduk desa saat menyambut kedatangan wisatawan.
Desa wisata ini adalah lokasi di mana kita bisa mengenal dan membaur dalam kehidupan sehari-hari penduduk asli kepulauan Raja Ampat dan menggali berbagai pengetahuan dan budaya unik yang ada di desa tersebut. Salah satu lokasi desa wisata yang cukup terkenal dan bisa kita kunjungi adalah Desa Arborek. Desa ini memiliki pemandangan pantai berpasir putih yang luar biasa indah. Selain itu, desa Arborek ini menjadi terkenal juga karena penduduknya, khususnya kaum ibu, memiliki kerajinan tangan yang khas yaitu Topi Anyaman khas desa Arborek.
Foto: Pemandangan alam dari dermaga Desa Arborek
Desa Sawinggrai adalah lokasi desa lain yang bisa kita kunjungi selama kita bewisata di Kepulauan Raja Ampat. Lokasi ini yang merupakan desa yang memiliki kerajinan khas patung-mematung dan sekaligus merupakan lokasi favorit untuk menikmati keindahan satwa burung langka yaitu Red Bird of Paradise. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Desa Sawinggrai agar bisa menikmati pemandangan satwa burung ini adalah pukul 7- 8 di pagi hari dan sore hari pada pukul 16 s/d 17. Selain di Sawinggrai, pemandangan satwa burung langka ini juga dapat dinikmati lokasi desa lain , yaitu Desa Yenwaupnor
Foto: Surga di depan pintu rumah penduduk desa Sawinggrai (kiri) Seorang Wisatawan menikmati pantai desa Arborek (Tengah), Tarian adat di Desa Saonek (kanan)
Desa Wisata yang tak kalah indah yaitu Desa Sauwundarek. Pemandangannya dengan pantai berpasir putih dan bebek-bebek laut yang bermain-main di tepi pantai adalah ciri khas Desa Sauwundarek. Lokasi Desa wisata lain yang tak kalah menariknya adalah Desa Yenbuba yang memiliki lokasi pantai nan indah . (wbp)
0 Responses